OK BROTHER. Powered by Blogger.

Mengapa Print Harus di Modifikasi


Printer sebagai salah satu bagian dari pelengkap kerja unit computer sangat berperan penting dalam hal pencetakan atau printing. Sebagai alat pencetak dari hasil pengolahan program kerja komputer baik sekedar pengolah kata (WORD) atau design grafis (Corel Draw, Adobe, atau Auto Cad dll) sebuah printer diharapkan selalu mampu memenuhi kebutuhan sang pengguna/operator. Kita kenal berbagai macam type print dari yang masih menggunakan system dot matrix (print pita), buble jet (print tinta) atau Laser jet (prin serbuk). Ketika pemakaian sebuah printer menghasilkan hasil kurang maksimal kita masih bisa dengan mudah untuk merefill atau isi ulang tinta pada tabung ink atau catrik agar hasil kembali seperti sedia kala. Akan tetapi tidak semua printer setelah diisi ulang bisa bekerja dengan hasil yang maksimal bahkan ada beberapa printer masih membutuhkan sebuah reseter agar setelah diisi bisa berfungsi kembali contoh Epson Stylus type C-43, C-45.

Seiring berjalannya waktu teknologi tak pernah berhenti untuk mengembangkan produk-produk khususnya printer. Semua pabrikan berlomba-lomba untuk memproduksi berbagai type printer yang diharapkan mampu menunjang kebutuhan kerja yang tidak bisa lepas dari penggunaan unit computer. Kita lihat saja Canon dengan beberapa serinya seperti Pixma IP 1000, IP 1200, IP 1300, IP 1880, IP 1980; Epson dengan serinya Stylus C-43, C-45, C-58, C-90, T-20, T-11; Hawled Packard (HP) dengan serinya HP 3200, 3900, 2500 dan masih banyak lagi produk lainnya. Sebenarnya banyak merk yang beredar di pasaran akan tetapi Canon, Epson, HP rupanya lebih banyak dipergunakan di kalangan masyarkat kita. Tentu tidak semuanya berjalan semulus yang diharapkan, banyak kendala yang dihadapi para pengguna printer. Dari permasalahan pengisian tinta, hasil putus-putus, kurang maksimal, blinking (lampu indikator berkedip hijau orange bergantian) atau bahkan catrik cepat rusak. Semua itu hampir dialami oleh setiap pengguna printer baik yang bermerk Canon, Epson, HP atau yang lainnya. Memang ada solusi untuk mengatasi semua permasalahan tersebut, baik dengan cara mereset, cleaning, catrik diganti baru atau disesuaikan dengan jenis kerusakan.


Sekarang banyak pengguna printer modifikasi, dengan harapan bisa lebih awet dan mudah dalam penggunaan maupun perawatannya.
Apakah dengan modifikasi ink tank printer bisa menjawab permasalahan tersebut? Dari berbagai kasus yang ada sebenarnya memodifikasi printer cukup membantu khususnya untuk persoalan memudahkan pengisian tinta. Tetapi sangat disayangkan hal tersebut sering menimbulkan masalah ketika printer berada pada tingkat pemakai yang nota bene hanya bisa memakai tanpa banyak mengetahui mengenai penanganan apabila terjadi permasalahan teknis. Seperti persoalan selang tinta tersangkut, selang tinta lepas, tinta tidak jalan, ada gelembung udara, hasil tidak merata, chip ink tang terbakar, blinking, catrik harus diganti dll. Jadi dapat saya simpulkan bahwa ketika printer belum dimodifikasi dan setelah modifikasipun permasalahan yang terjadi hampir sama. Untuk itu lebih baik gunakan printer tanpa modifikasi selama printer tersebut bisa diisi ulang jika tinta habis (meskipun printer ini juga bisa dimodifikasi) seperti merk Canon, HP, akan tetapi untuk printer merk Epson Stylus type C-58, C-87, C-90, T-11, T-20e dst memang wajib kita modifikasi karena apabila tinta yang tersimpan dalam ink tank habis maka kita tidak bisa mengisinya lagi alias beli ink tank baru yang harga per ink tank cukup mahal untuk tingkat ekonomi kita yang masih belum merata, maka sebagai jalan keluarnya printer wajib dimodifikasi yang secara langsung harganyapun lebih mahal. Sedangkan Epson yang bisa direfill plus alat bantu reseter untuk sementara ini adalah model lama yakni type C-43, C-45.


Jadi dengan sedikit penjelasan ini mudah-mudahan dapat membantu mengapa sebenarnya printer harus dimodifikasi.
Sepenuhnya keputusan ada pada pembeli mau cari yang bisa diisi ulang plus modifikasi atau mau cari printer yang tidak bisa diisi ulang dan wajib modifikasi. Silahkan tanya pada penjual atau toko ketika anda hendak membeli atau sekedar mencari informasi tentang masalah printer.

ARTIKEL DALAM SATU LABEL



0 komentar:

widgeo.net

ARTIKEL SECARA ACAK

ARSIP BLOG