OK BROTHER. Powered by Blogger.

INSTALL WINDOWS XP koq BLUE SCREEN..???

INSTALL WINDOWS XP koq BLUE SCREEN..???
Ayo berbagi pengalaman, semakin pesatnya perkembangan teknologi seolah-olah kita dinina bobokan oleh gonta-gantinya perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Namun biar bahasan ini lebih terarah pada satu tujuan maka perlu saya batasi dalam hal ini saya ingin berbagi soal software Operating Sytem (OS). Seolah baru kemarin kenal OS 98 sudah ada OS Mienium, belum tamat OS Milenium lahir OS 2000, belum puas OS 2000 lahir OS XP, begitu pula seolah baru kenalan sama OS XP lahir OS Vista dan mungkin ada yang belum kenal OS Vista kini lahir OS Seven entah lahir apalagi, tapi itulah teknologi (teko lagi-teko lagi hehehe.)

Persoalannya adalah ketika kita sekarang sudah memiliki laptop yang bundle with Windows 7 atau Vista kemudian dalam kurun waktu kangen sama windows XP yang nota bene meski tanpa aktivasi sudah ok meski kadang kena WGA (baca tentang WGA klik disini) beda kalau kita pakai OS Vista atau Seven wajib aktivasi kalau ndak yang cuman dapat incipan saja alias TRIAL( habis masa trialnya ya habislah..tapi don't worry pasti ada silusi e solusi).
Waduh malah nglantur kemana-mana, OK OK...sekarang bagaimana kalau kita mau install ulang OS XP pada laptop khususnya..hitung-hitung bagi pengalaman untuk laptop atau notebook sekelas intel atom, dual core atau core2duo atau yang lebih tinggi, sebelum anda ingin menginstall OS XP yang semula pakai Seven atau Vista maka yang perlu diperhatikan adalah :
  • Anda harus mengubah setting bios dengan menekan tombol Del atau F2 (secara umum) agar bisa masuk ke menu bios laptop anda.
  • Ubah seting bios pada sata yang semula dipilih AHCI ganti dengan Compatibelity atau ide tapi pada laptop tertentu sudah disediakan menu untuk pilih setting OS XP pada biosnya
  • Silahkan keluar dari bios dan pilih save and exit 
Setelah anda mengubah setting bios maka untuk install OS XP siap dilaksanakan dan dijamin OK.
Apa yang akan terjadi bila bios tidak diubah dan anda tetap memaksakan untuk install OS XP.. ya benar anda akan mengalami BLUE SCREEN dan gagal instalasinya begitu pula sebaliknya.
WARNING!!! "
TULISAN INI DIPERUNTUKKAN KEPADA SOBAT YANG PALING TIDAK MENGERTI CARA INSTALL SENDIRI tapi BAGI YANG BELUM COBA SAJA KALAU GAGAL TANYA DONG ATAU BAWA KE TEKNISI HEHE MASA KE WARUNG TEH NASI "
Pernah mengalami BLUE SCREEN seperti ini :

soto eee jadi untuk diingat :
AHCI adalah setting bios hardis untuk OS VISTA atau SEVEN
IDE atau Compatibelity setting bios untuk OS XP dan SEVEN

Semoga tulisan ini bermanfaat banyak, tapi karena masih butuh kerabat dan saudara please kritik dan saran atau apa aja siapa tau bawa keberuntungan untuk kita semua ok...thanks

ARTIKEL DALAM SATU LABEL



0 komentar:

widgeo.net

ARTIKEL SECARA ACAK

ARSIP BLOG